KATA READONE

Home » Catatan Harian » Reuni

Reuni

Gedung SMP 3 Bukittinggi tu terletak di Tanjung Alam tidak jauh dari Stasiun Kereta Api, sekolah ini menampung siswa-siswi dari daerah sekitarnya, karena sekolah ini satu-satunya SMP yang ada di daerah Kecamatan itu. Sekitar tahun 1970 daerah sekitar SMP itu masih memancarkan aura aslinya, daerah dengan persawahan yang hijau, dari jauh kelihatan Gunung Marapi dan di depan sekolah itu terbentang jalan raya yang menghubungkan Bukittinggi – Payakumbuh – Pekanbaru.

Setiap pagi siswa-siswi berbondong-bondong datang ke SMP itu untuk belajar, ada yang datang naik sepeda, kereta api namun sebagian besar mereka datang dengan berjalan kaki. Pada jam-jam menjelang masuk dan pulang sekolah, jalan-jalan disekitar SMP itu dipenuhi siswa-siwi yang pergi dan pulang sekolah. Seluruh siswa sekolah itu memakai pakaian seragam yaitu kemeja / blouse putih dan celana pendek / rok biru dongker.

Empat puluh lima tahun kemudian tepatnya pada hari Minggu tanggal 17 Januari 2016 sebagian besar dari siswa siswi tadi berdatangan menuju Soultan Cafe di Jalan Ampera Raya Jakarta. Ditempat ini mereka bergabung dari Angkatan 1967 campai Angkatan 1971, untuk menghadiri Reuni Alumni SMP 3 Bukittinggi. Dahulu wajah mereka masih muda belia masih memakai celana pendek bahkan pakai sandal, masih memancarkan wajah yang penuh dengan cita-cita.

Sekarang wajah mereka sudah termakan usia, rambutnya sebagian sudah memutih, tubuhnya sudah melebar ada yang berubah jadi tinggi, yang pria sudah memakai celana panjang sedangkan yang wanitanya rata-rata memakai pakaian muslim dan berhijab. Namun ada satu yang terpancar dari wajah-wajah yang hadir pada waktu itu, yaitu wajah yang memancarkan aura keceriaan, optimis dan ikhlas.

Sejak dari tempat parkir di halaman Gedung IPDN yang bersebelahan dengan Soultan Cafe, saya pertama kali bertemu dengan teman sebangku saat di kelas 3. Teman ini sering jadi juara umum waktu kami di SMP. Sejak tamat SMA kebetulan kami satu SMA baru kali ini bertemu, tentunya kenangan selama di SMP kembali terbayang mewarnai pertemuan di pagi itu.

Setelah beberapa teman bergabung di tempat parkir itu, kami mulai bergerak menuju Soultan Cafe tempat acara dilaksanakan. Di pintu masuk cafe itu kami mulai mengisi daftar absensi dan sekaligus menerima pembagian kaos dan konsumsi. Disana kami bergabung dengan teman-teman lain khususnya teman satu angkatan. Silaturahim mulai terjalin sambil mengingat-ingat siapa yang mereka hadapi dan ajak bicara, suasanapun menjadi cair penuh keakraban seperti yang pernah terjalin empat puluh lima tahun yang lalu.

Memasuki ruangan cafe ternyata para alumni sudah memenuhi ruangan cafe itu, suasana semarakpun kami rasakan sambil mencari-cari tempat dimana teman satu angkatan duduk. Canda dan tawapun terjadi, mereka saling bersalaman dan berangkulan sambil menakar dan mengingat teman-teman yang mereka jumpai. Ada yang mengingat berdasarkan kelas dan banku tempat duduknya, ada yang mengingat berdasarkan tingkah laku mereka empat puluh lima tahun yang lalu, tentu saja ada yang mengingat berdasarkan keterampilan mereka dalam olah raga maupun berdasarkan prestasi yang mereka raih selama belajar di sekolah itu.

Acarapun dimulai sesuai dengan yang disusun panitia, dari ceramah agama, hiburan dan pertunjukan dari masing-masing angkatan, bagi-bagi hadiah dari panitia, saya kebagian juga sebuah sajadah suatu hadiah yang mengingatkan saya untuk melaksanakan shalat lima waktu setiap hari. Namun yang paling saya nikmati dísela-sela acara formal itu adalah silaturahim dengan sesama teman, berupa obrolan-obrolan dan cerita empat puluh lima tahun yang lalu yang terjadi di gedung SMP itu maupun diluar sekolah.

Yang saya rasakan, pertemuan ini begitu berkesan, bayangkan mengumpulkan alumni sebanyak lima angkatan, ada yang datang dari Padang, Payakumbuh, Bandung dan kota-kota lainnya tempat mereka berdomilisi. Sungguh ucapan terima kasih yang tidak terhingga diucapkan kepada inisiator dan panitia yang telah bekerja keras sehingga terlaksananya reuni ini.

Setelah empat puluh lima tahun, mereka datang ke reuni itu dari berbagai profesi dan disiplin ilmu mulai dari Guru Besar, dokter, insinyur dan lainnya sampái dengan pedagang yang sukses, semua itu mencerminkan bahwa mereka telah melalui tahapan-tahapan dalam hidup ini tak telepas dari pengetahuan dan pembelajaran yang telah mereka terima semasa belajar di SMP 3 Bukittinggi.

Sekitar jam setengah lima sore reuni itupun usai, para peserta akan pulang ke tempatnya masing-masing sambil membawa kenangan yang tidak terlupakan. Lantas setelah reuni ini apa yang harus dilakukan, bersyukur kita kepada panitia yang telah mengadakan pertemuan dengan utusan masing-masing angkatan di sela-sela acara formal, untuk merumuskan dan merencanakan apa-apa yang harus dilaksanakan dimasa yang akan datang.

Banyak yang berharap reuni alumni lima angkatan ini tetap harus bersinergi dengan induk organisasi Alumni SMP 3 Bukittinggi yang telah terbentuk, sehingga akan lahir program organisasi yang akan membawa manfaat untuk para alumni maupun untuk sekolah sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

February 2016
M T W T F S S
« Jan   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
29  

Recent Posts

Instagram

Seoul, South Korea
#seoul #southkoreatrip #korea #station Stasiun Kampung Bandan, Jakarta
#stasion #stasiunkereta #jakarta #stasiun #keretaapi Ondel-ondel is Indonesian Culture
#ondelondel #instagram #streetphotography #japan # odaiba # #tokyo🇯🇵 #jepang Uluwatu - Bali, 2006
#bali #uluwatu Kawah Putih, Ciwidey, West Java
#ciwidey #kawahputihciwidey #bandung

Blog Stats

  • 12,300 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers

%d bloggers like this: