KATA READONE

Home » Traveling » Bekasi – Cirebon – Bandung

Bekasi – Cirebon – Bandung

Tahun baru 2016 tanpa terasa sudah memasuki hari kedua, saya baru berkesempatan pada hari Sabtu tanggal 2 Januari melakukan perjalanan keluar kota. Ikut satu mobil dengan saudara sehingga jumlah kami menjadi sembilan orang. Semula tujuan kami adalah pergi ke kota Bandung untuk menghadiri undangan pada hari Minggu, karena saat ini sudah pengujung liburan sekolah akhirnya kami sepakat untuk untuk menginap satu malam di Bandung.

20160102_105214 - Copy

Pintu Tol Cikopo

Berangkat dari Bekasi Jam 10.00 WIB pagi memasuki Tol Cikampek, kendaraan menuju Bandung tidak begitu ramai. Ketika sampai di km 57, Saudara saya menawarkan makan nasi jamblang untuk makan siang. Sejenak nalar saya berjalan, kalau makan nasi jamblang itu artinya suatu tawaran untuk makan siang di Cirebon. Dia langsung mengarahkan kendaraan menuju Pintu Tol Cikopo untuk memasuki Tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Waktu itu sudah menunjukkan jam 11.00 WIB, akhirnya kami memasuki Tol Cipali yang ternyata tidak begitu ramai.

Perjalanan ini adalah pertama buat saya menjajal tol baru itu, saat saya memasuki tol ini lalu lintas lancar. Tol Cipali yang panjangnya 116,75 km merupakan tol yang menghubungkan daerah Cikopo Purwakarta dengan Palimanan Jawa Barat. Tol ini merupakan kelanjutan dari Tol Jakarta – Cikampek yang terhubung dengan Tol Palemanan – Kanci. Dengan beroperasinya Tol Cipali ini akan memperpendek jarak tempuh sekitar 40 km dan menyingkat waktu perjalanan lebih kurang dua jam perjalanan.

Melewati tol ini memang dibutuhkan kehati-hatian pengemudi, disarankan kecepatan kendaraan sekitar 80 sampai dengan 100 km perjam. Jalan yang panjang dan lurus membuat pengemudi kendaraan menjadi mengantuk. Dari berita yang kita dengar sejak dioperasikannya tol ini sering terjadi kecelakaan disebabkan human error, sudah memakan korban yang relatif banyak.

Disepanjang Tol Cipali ini sudah tersedia 8 tempat beristirahat (Rest Area) yang siap melayani kendaraan dan penumpang yang lewat disini. Inilah salah satu perbedaan nya dengan tol lainnya yang sudah lebih dahulu beroperasi yang rest area nya dibangun kemudian. Tepat jam 11.57 WIB kami sampaI di pintu keluar Plumbon Cirebon, perjalanan dari Bekasi hanya kami tempuh dalam waktu dua jam, dahulu perjalanan Bekasi – Cirebon memakan waktu empat jam.

20160102_121027 - Copy

Kawasan Batik Trusmi

Kami keluar dari jalan tol dan langsung memasuki kota Cirebon, melewati Jalan Tuparev ternyata jalan ini menjadi pusat kuliner khas Cirebon. Di daerah ini banyak dijual aneka rupa makanan, seperti empal gentong, nasi jamblang dan lain-lain, disini juga gerbang masuk ke Pusat Kerajinan Batik Cirebon yang terkenal dengan nama “Kawasan Batik Trusmi”.

Tanpa diduga saya juga bertemu dengan saudara perempuan dan putranya disini, kebetulan mereka sedang menghadiri undangan di kota Cirebon ini. Jadilah rombongan yang tadinya berjumlah sembilan orang menjadi dua belas orang. Kami bertemu di “Nasi Jamblang Ibu Nur” di Jalan Cangkring II. Letaknya di terusan Jalan Tuparev kita akan sampai di Jalan Kartini disini terdapat Rumah Makan Sederhana, di depannya ada jalan kecil yaitu Jalan Cangkring ll kita masuk beberapa meter akan bertemu Nasi Jamblang Ibu Nur.

Pada saat memasuki warung nasi jamblang itu ternyata pengunjungnya sudah membludak, tempat parkir susah sekali didapat. Di halaman warung nasi itu antrian pengunjung sudah mengular. Ternyata pengunjung ini berasal dari kendaraan arus balik tujuan Jakarta yang singgah di kota Cirebon  di pengunjung liburan natal dan tahun baru. Setelah mengantri akhirnya saya dan rombongan dapat giliran juga memesan nasi jamblang.

Porsi nasi disini kecil sekali jadi kebanyakan pengunjung memesan dua atau tiga porsi kecil nasi perpiring. Sesuai dengan saran, saya memilih lauknya cumi, pergedel, tahu goreng dan lain-lainnya. Banyak jenis makanan lain dijual di warung ini, tidak ketinggalan setelah makan kita bisa menikmati es duren yang dijual pedagang di halaman warung itu.

Selesai makan kami menuju Masjid Raya At-Taqwa untuk menunaikan Shalat Dzuhur, kemudian langsung masuk Tol Cipali untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung. Kondisi lalu lintas masih relatif lancar walaupun sudah mulai terjadi antrian kendaraan yang akan balik ke Jakarta. Pada Km 181 – 182 sebelah kiri jalan menuju Pintu Tol Cikopo terdapat sebuah batu yang cukup besar yang bernama Batu Bleneng, konon kabarnya sejak jalan tol ini dibangun batu itu tidak bisa dipindahkan.

Perjalanan berlanjut dengan mengambil arah jurusan Bandung, kondisi lalu lintas di senja itu cukup lancar sementara dari arah berlawanan antrian kendaraan dari Bandung menuju Jakarta sudah terlihat tidak putus-putusnya. Tanpa terasa kami sudah memasuki Pintu Tol Pasteur. Suasana Bandung sudah tidak sepadat beberapa hari yang lalu, karena pengunjung sudah banyak yang kembali ke tempat asalnya berhubung liburan sudah berakhir.

Setelah makan malam kami langsung menuju Hotel Ammarossa pada jam 20.30 WIB untuk beristirahat. Saya masih sempat browsing internet pada malamnya sambil nonton TV. Esoknya setelah Shalat Subuh saya sudah keluar dari hotel sambil menenteng kamera. Di pagi yang buta itu saya sudah berjalan-jalan menikmati trotoar Jalan RE Martadinata ( Jalan Riau) yang baru saja diresmikan.

20160103_051055 - Copy

Jalan RE Martadinata, Bandung

Sambil menghirup udara Bandung yang segar saya nikmati perjalanan di subuh itu sambil memotret, dari Jalan RE Martadinata saya menuju ke arah Gedung Sate kemudian balik menuju Stadion Saparua. Di subuh itu saya melihat petugas kebersihan sudah mulai membersihkan sampah di jalanan dan sementara di Stadion Saparua sudah dipenuhi oleh pengunjung yang berolah raga joging.

Saya kembali ke hotel untuk bergabung dengan rombongan karena pagi itu kita akan sarapan pagi di luar. Akhirnya setelah mencari Kuliner di Jalan Macan yang ternyata tutup, sarapan pagi itu jadinya di Yoghurt Cisangkuy. Aneka macam makanan banyak dijual disitu, baik di tempat yoghurt nya maupun di pedagang makanan yang sudah berjajar didepan cafe itu. Setelah sarapan pagi, kami singgah di rumah saudara di Jalan Cisangkuy dan setelah itu kembali ke hotel untuk check out pada jam 12.00 WIB.

Dari siang sampai jam 21.00 WIB kami menghadiri undangan di rumah Saudara, pada acara ini juga disuguhkan aneka kuliner. Saya terkesan sekali dengan acara pengajian dengan memanggil ustad dan anak yatim piatu dari salah satu panti asuhan di kota Bandung. Anak yatim piatu sebanyak 40 orang yang berpenampilan rapih dan bersih lengkap dengan seragam koko nya.

Dengan merdunya mereka melantunkan ayat suci Al-Quran membaca Surat Al- Fatihah, Surat Yasin, Surat Ar-Rahman, Surat Al-Waqiah serta Asmaul Husna. Lengkap dengan zikir dan doa yang dipimpin seorang ustad, sambil mendoakan tuan rumah dan segenap keluarga besar agar diberi keberkahan, dibukakan pintu rezeki yang halal, kebahagiaan lahir dan batin.

Tepat jam 21.00 WIB kami berangkat kembali menuju Bekasi, malam itu perjalanan lancar dan jam 23.00 WIB kami sudah sampai di Bekasi.