KATA READONE

Home » Catatan Harian » Sepatu Tua

Sepatu Tua

Apa yang penting dari sebuah sepatu tua yang solnya sudah pecah dan miring, warnanya sudah pudar dan tidak mengkilap lagi dan baunya apek yang mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Sepatu itu sudah menemani saya selama beberapa tahun, menemani kemana kaki ini melangkah, dia melindungi kaki saya dari tajamnya kerikil, melindungi dari panasnya aspal jalan dan dia menjadi pelindung dari dinginnya malam. Sepatu itu juga menutupi kaki saya dari ketelanjangan yang membikin saya tidak pantas menghadiri suatu acara karena ketiadaannya.

Di pertengahan tahun 2007 sepatu itu saya temukan disebuah Mal di kota Bandung, sepatu itu saya beli karena saya tertarik bentuknya yang simple. Dia bukanlah sepatu layaknya sebuah sepatu yang pantas dibawa ke sebuah pesta, tapi dia adalah sepatu sandal yang bertali, nyaman dipakai, ringan, liat dan simple. Namun alasan yang lebih penting dari alasan apapun kenapa saya menjatuhkan pilihan pada sepatu itu adalah karena saya membutuhkannya untuk di pakai pada saat menunaikan ibadah haji tahun 2007.

Sepatu ini sudah menemani saya selama empat puluh hari di tanah suci Makkah dan Medinah saat menunaikan ibadah haji sambil melantunkan talbiyah, salawat dan doa. Dia begitu tahan saat didera panasnya padang pasir dan menjadi pelindung dari dinginnya udara padang pasir. Pada saat wukuf di Arafah, sepatu ini menjadi saksi bisu saat doa dipanjatkan oleh jutaan jemaah haji, “Ya Allah segala puji untuk-Mu, seperti apa yang Engkau firmankan dan yang baik dari apa-apa yang kami ucapkan. Ya Allah, bagi-Mu shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku dan kepada-Mu tempat kembaliku dan kepada-Mu-lah pemeliharaan apa yang aku tinggalkan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan segala urusan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang dihembuskan oleh angin.”

Sepatu ini menjadi teman setia ketika kaki ini melangkah saat singgah beberapa jam di Muzdalifah, memungut kerikil untuk melontar Jamrah sambil melantunkan doa, “Ya Allah sesungguhnya ini Muzdalifah telah berkumpul bermacam-macam bahasa yang memohon kepada-Mu. Hajat keperluan yang aneka ragam. Maka masukkanlah aku ke dalam golongan orang yang memohon kepada-Mu, lalu Engkau penuhi permintaannya, yang berserah diri pada-Mu, lalu Engkau lindungi dia. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang Pengasih.”

Kemudian dengan beralaskan sepatu itu kaki ini melangkah sambil ber gelantungan diatas bus yang membawa jemaah ke Mina setelah lewat tengah malam, sampai di Mina dan melontar Jamrah sambil mengucapkan “Bismillahi Wallahu Akbar”. Sepatu itu setia menemani saya menuntaskan ibadah haji dan umrah, ziarah dan berbagai wisata rohani di Makkah – Madinah.

Kini kupandangi sepatu tua itu yang sudah tidak bisa dipakai lagi, dia sudah berubah wujud, tidak menarik dan bahkan sudah menjadi barang rongsokan. Sebentar lagi saya harus meng ucapkan selamat berpisah kepada sepatu tua itu, nasibnya sedang ditentukan dengan kedatangan truk sampah yang akan membawa nya ketempat pembuangan sampah. Sudah jauh perjalanan sepatu tua itu banyak kenangan yang tersimpan selama bersama nya. Selamat jalan sepatu tua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

February 2015
M T W T F S S
« Sep   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Recent Posts

Instagram

Temple of heaven, Beijing 16 Maret 2008
#beijing #china #traveling Istana Bogor, 20 Juli 2010
#istana #bogor #istanabogor Masjid Istiqlal, jakarta
#masjidistiqlal  #jakarta #masjid Blue Mosque, Istanbul, Turkey Old City Jakarta
#kotatua #kotatuajakarta #jakarta Amsterdam Tram, Netherlands
#netherlands #amsterdam #europe #tram

Blog Stats

  • 12,610 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5 other followers

Top Posts & Pages

%d bloggers like this: