KATA READONE

Home » Lingkungan Hidup » Menyaksikan Kegiatan JOC Di GBK

Menyaksikan Kegiatan JOC Di GBK

Pada hari Minggu tanggal 7 September 2014 pagi-pagi sekali saya berangkat menuju GBK Senayan Jakarta. Lalu lintas lumayan sepi membuat jarak tempuh dari rumah saya ke GBK Senayan ditempuh hanya dalam waktu 45 menit, biasanya pada hari kerja bisa satu jam sampai dua jam perjalanan. Sudah lama saya tidak berolah raga di GBK Senayan, lebih kurang sepuluh tahun yang lalu saya sering joging disana setiap Sabtu pagi. Biasanya berkunjung ke Senayan melihat acara pameran-pameran di Hall JCC, tapi kali ini saya menuju ke GBK Senayan hanya untuk bersantai saja.

GBK Senayan

GBK Senayan

Seperti beberapa tahun yang lalu GBK Senayan selalu dipenuhi pengunjung yang berolah raga pada Minggu pagi, mereka berasal dari Jakarta maupun dari pinggiran Jakarta. Walaupun di Jalan Sudirman – Thamrin sejak beberapa waktu yang lalu setiap minggu sudah dilaksanakan Car Free Day, namun GBK Senayan tetap dipenuhi oleh pengunjung. Begitu memasuki pintu Masuk GBK saya harus membayar uang parkir RP 5.000,–, kemudian saya mencari tempat parkir di areal Parkir Timur Senayan yang ternyata tidak sepenuh saat di adakah pameran-pameran di Hall JCC. Saya tidak bertemu dengan tukang parkir liar yang biasa memungut uang parkir lagi, sementara pedagang makanan tidak sebanyak dahulu.

Saya langsung menuju Pintu VII yang sudah dipenuhi oleh pengunjung yang sedang melaksanakan joging dan aktivitas lainnya. Saya kelilingi GBK itu satu putaran sambil memotret, betapa semangat masyarakat untuk berolah raga di Minggu pagi tetap tinggi, ditengah kehidupan Jakarta yang sibuk mereka masih menyempatkan diri untuk berolah raga dan melaksanakan aktivitas lainnya di GBK. Namun satu hal yang masih saya saksikan adalah sampah masih bertebaran di sekeliling GBK ini. Sebenarnya tempat sampah di sekeliling GBK ini sudah cukup memadai, tetapi kesadaran masyarakat kita untuk membuang sampah di tempatnya ternyata masih rendah. Sudah banyak usaha dilaksanakan untuk menangani sampah, baik penyuluhan maupun kegiatan- kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir sampah.

Jakarta Osogi Club

Jakarta Osogi Club

Beruntung di pagi itu, saat saya berada di Pintu XII GBK dapat menyaksikan kegiatan dari Jakarta Osogi Club (JOC) melakukan pemungutan sampah yang berserakan di GBK. JOC adalah suatu klub pencinta kebersihan yang dipelopori oleh Mr Ashida yang diikuti oleh orang-orang Jepang yang tinggal di Jakarta, melakukan kegiatan untuk membantu petugas kebersihan untuk memungut sampah yang berserakaan di jalanan. JOC melakukan kegiatan pertamanya pada tanggal 29 April 2012 membersihkan sampah di GBK Senayan. Anggota JOC ini selain orang-orang Jepang juga semakin banyak diikuti oleh orang-orang Indonesia. Untuk menjadi anggota JOC ini tidak diperlukan persyaratan khusus, cukup datang saja pada saat kegiatan dilaksanakan, bawa sarung tangan, kantong plastik bekas, kain bekas karung tepung terigu, bekas karung beras dan kalau ada alat penjempit sampah, tentunya setelah bergabung dilakukan pendataan.

 

Nemoto, Anggota JOC

Nemoto, Anggota JOC

Menurut Nemoto-San salah seorang anggota JOC yang sempat saya ajak bicara, hari itu anggota JOC yang ikut berpartisipasi melakukan pemungutan sampah di GBK lebih kurang 30 orang dan kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu setiap dua minggu sekali, malah sering dilakukan dua kali berturut-turut setiap hari Minggu dan libur satu kali. Pelaksanaan kegiatan bersih-bersih Jakarta ini biasanya diberitahukan lewat twitter @JKT_osojiclub dan Facebook Jakarta Osogi Club. Kiprah dari JOC ini sudah saya dengar beberapa waktu yang lalu dan baru di Minggu pagi itu saya menyaksikan kegiatan mereka.

Kegiatan JOC

Kegiatan JOC

Kegiatan JOC ini menurut hemat saya sangat positif, ditengah kesadaran masyarakat yang masih rendah untuk membuang sampah pada tempatnya, ada semacam perkumpulan/klub yang melakukan kegiatan membersihkan sampah yang berserakan sehingga memberi suatu edukasi dan penyadaran terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Seharusnya kelompok masyarakat yang membuang sampah sembarangan malu melihat kepedulian orang asing khususnya orang Jepang yang peduli terhadap kebersihan lingkungan di negara kita sendiri.

Kegiatan JOC di GBK

Kegiatan JOC di GBK

Saat meninggalkan GBK, anggota JOC masih melakukan kegiatannya memungut sampah di sekitar Ring Road GBK Senayan, saya bisa memaklumi kegiatan yang dilakukan orang-orang Jepang di Jakarta, karena kebersihan lingkungan sudah membudaya di Jepang. Sehingga budaya bersih-bersih lingkungan tetap mereka lakukan di tempat mereka berada, tidak terkecuali di Jakarta. Marilah kita jaga kebersihan lingkungan di kota kita dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

September 2014
M T W T F S S
« Aug   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Recent Posts

Instagram

Temple of heaven, Beijing 16 Maret 2008
#beijing #china #traveling Istana Bogor, 20 Juli 2010
#istana #bogor #istanabogor Masjid Istiqlal, jakarta
#masjidistiqlal  #jakarta #masjid Blue Mosque, Istanbul, Turkey Old City Jakarta
#kotatua #kotatuajakarta #jakarta Amsterdam Tram, Netherlands
#netherlands #amsterdam #europe #tram

Blog Stats

  • 12,610 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5 other followers

Top Posts & Pages

%d bloggers like this: