KATA READONE

Home » Catatan Harian » Mampir Di Kota Purbalingga

Mampir Di Kota Purbalingga

Kedatangan saya ke Purbalingga kali ini adalah sekedar singgah dalam perjalanan menuju ke Yogyakarta untuk menghadiri resepsi pernikahan putrinya teman. Saat perhatian sebagian besar masyarakat tertuju pada pembacaan Keputusan Mahkamah Konstitusi atas sengketa Pilpres 2014, saya memilih meninggalkan Jakarta menuju ke Jawa Tengah. Berangkat bersama istri pada hari Kamis tanggal 21 Agustus 2004 jam 06.00 WIB dari Bekasi melalui jalur selatan, bagai melakukan perjalanan napas tilas melalui jalur yang biasa saya tempuh beberapa tahun lalu. Di Kota Purbalingga ini saya pernah bertugas, setelah beberapa tahun  kemudian saya menginjakkan kaki kembali di Kota ini.

Koleksi Pribadi

Saat memasuki Kota Purbalingga sekitar jam 16.30 WIB hujan gerimis menyambut kami, langit berobah menjadi gelap dan udara terasa dingin. Saya langsung menuju Masjid Agung Darusalam Purbalingga yang terletak di Alun-Alun Kota Purbalingga untuk menunaikan Shalat Ashar. Disebelah masjid ini terdapat Kantor Bupati Purbalingga, sementara diseberang masjid terdapat bekas kantor saya beberapa tahun lalu, saya pandangi Kantor itu yang tetap kokoh berdiri berdampingan dengan Kantor Bupati dan masjid. Di sekeliling Alun-Alun Purbalingga sudah dipenuhi pedagang makanan yang juga menjadi ciri kota ini, mereka mulai menggelar dagangannya sekitar jam 16.00 WIB sampai tengah malam, besok pagi Alun-Alun ini sudah kembali bersih dan rapih dari pedagang makanan tadi.

Ada perubahan yang saya lihat di kota ini, Pasar Induk Purbalingga dulu tempat istri saya sering berbelanja sekarang sudah berubah menjadi sebuah taman yang bernama Taman Usman Janatin (Usman Janatin City Park) Purbalingga. Taman ini terletak di areal seluas 16.000 m2, disediakan sebagai lahan terbuka dan sebagai lahan bangunan. Dari keseluruhan lahan bangunan disediakan untuk pusat jajanan, panggung seni dan untuk pusat hiburan. Selama satu tahun taman ini belum sepenuhnya berfungsi dengan baik, menurut informasi hal ini sebagai akibat dari kurang profesionalnya pengelolaan taman ini . Sehingga sejak awal tahun 2014 taman ini ditata ulang fungsinya, sehingga diharapkan taman ini berfungsi untuk mendukung aktivitas sosial masyarakat Purbalingga berupa pusat rekreasi dan taman kota.

Pada saat saya mengunjungi taman ini pada hari Kamis tanggal 21 Agustus 2014 menjelang maghrib Kota Purbalingga masih diguyur hujan gerimis, sehingga saat itu taman ini sepi dari pengunjung. Namun demikian karena keingin tahuan saya yang besar, saya sempatkan juga turun dari mobil dan masuk ke taman ini dalam kondisi hujan gerimis. Sayang sekali saya tidak dapat melakukan pemotretan dengan baik karena kondisi cuaca.

Di taman ini saya menyaksikan di pintu gerbang taman ini terdapat bunderan tempat berdiri Tugu Adipura, dibelakangnya terdapat gedung yang diberi nama Entertainment Center yang saya sendiri tidak mengetahui kegiatan apa yang berlangsung di dalamnya. Satu baris dengan bangunan ini terdapat kios-kios kecil tempat menjual makanan kecil yang dilengkapi kursi dan payung besar tempat bersantai. Sedangkan untuk wahana permainan anak-anak, saya jumpai rel kereta api mini, istana balon, wahana sepeda beroda tiga. Disamping itu terdapat panggung seni tempat menampilkan karya seni masyarakat Purbalingga. Di taman ini ditemui juga kawasan yang hijau yang ditumbuhi pohon dan rumput yang ditata dengan rapih.

Nama taman ini diambil dari nama salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Purbalingga “Usman Janatin”, adalah seorang prajurit KKO (Korps Komando Operasi) Indonesia sekarang bernama Marinir yang ditangkap di Singapura saat konfrontasi dengan Malaysia yang kemudian dihukum gantung oleh pemerintah Singapura karena dituduh meledakkan bom di Orchad Road Singapura.

Cuaca sudah mulai gelap, saya meneruskan perjalanan saya ke Kota Purwokerto yang dapat ditempuh dalam setengah jam perjalanan. Malam ini saya akan menginap di Hotel Wisata Niaga Purwokerto, sebelum melanjutkan perjalanan esok harinya menuju Yogyakarta.