KATA READONE

Home » Catatan Harian » Happy Eid Mubarak

Happy Eid Mubarak

Sayup-sayup bunyi alarm dari iPhone menyadarkan saya dari tidur yang begitu pulas, saya terbangun jam 04.00 WIB di sebuah kamar di Grand Royal Panghegar Bandung, tempat menginap di malam lebaran bersama saudara-saudara saya dari Jakarta dan Bekasi. Saya bangunkan istri untuk segera bersiap karena kami akan melaksanakan Shalat Ied bersama-sama. Tepat jam 05.30 kami berkumpul di lounge hotel tersebut dan kemudian langsung meninggalkan hotel itu menuju tempat Shalat Ied. Tahun ini kami sepakat untuk melaksanakan Shalat Ied di Kampus ITB, kampus ini bukanlah kampus tempat saya kuliah dulu, tetapi adik saya kuliah di kampus ini dan karena dia sudah lama tidak Shalat Ied disini akhirnya kami bersepakat untuk melaksanakan Shalat Ied disini. Perjalanan ke Kampus ITB dipagi yang masih dingin ternyata tidak memakan waktu yang panjang, suasana jalan masih sepi dan saat memasuki komplek kampus itu kami menemukan tempat parkir dengan mudah.

Koleksi Pribadi

Shalat Ied dilaksanakan di Lapangan Basket Kampus ITB, saat kami datang para jemaah belum banyak yang datang dan kami mendapat tempat di barisan ketiga. Sementara dari mikropon dikumandangkan takbir dan para jemaah pun secara bertahap datang, mendekati jam 07.00 WIB jemaah pun sudah memenuhi Lapanganbbasket Kampus ITB. Tepat jam 07.00 WIB Shalat Ied dimulai dengan Imam dan Khotib Ir.H.Indra Djati Sidi,M.Sc.,Ph.D dan thema khotbah kali ini adalah ”Membangun Bangsa Yang Unggul”. Setelah sekian tahun saya tidak pernah Shalat Ied di kampus ini, baru tahun ini saya dapat kesempatan lagi shalat disini. Selesai Shalat Ied jemaahpun bubar sambil bermaaf-maafan, kami sempat berfoto di kampus itu sebelum kembali ke hotel untuk bersiap sebelum menuju ke rumah saudara tertua untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar.

Dalam perjalanan ke hotel kami melewati Jalan Dago, terlihat suasana jalan itu telah berobah menjadi daerah bisnis, rumah-rumah peninggalan zaman Belanda sudah tidak banyak ditemukan, sebagian besar sudah berubah menjadi Mal, Hotel, Factory Outlet, Cafe, Toko dan lain-lainnya. Nampaknya kondisi kota-kota besar di Indonesia hampir sama saja, lanscape perkotaan zaman dulu sudah tidak bisa bertahan dari lajunya perubahan budaya dan kemajuan ekonomi. Namun udara yang sejuk dan suasana yang hijau serta jalanan yang tidak begitu ramai membuat saya cukup menikmati kota Bandung di pagi itu, jarang suasana seperti ini saya rasakan pada hari-hari biasa.

Sewaktu sampai di hotel ternyata pihak hotel telah menyiapkan acara khusus menyambut lebaran yaitu dengan menyajikan menu sarapan pagi dengan makanan yang khas lebaran seperti ketupat dan hidangan lainnya yang disesuaikan dengan suasana lebaran. Jadilah kami menyicipi hidangan khusus lebaran ini lebih dahulu sebelum berganti pakaian ke kamar masing-masing. Acara itu dilaksanakan pihak hotel di Ball Room tempat diadakannya acara-acara yang cukup besar seperti pesta perkawinan dan lain-lainnya. . Kebanyakan tamu yang menginap memang yang khusus untuk merayakan lebaran di kota Bandung, dan sebagian lagi adalah warga non muslim yang memanfaatkan liburan lebaran ini untuk berwisata ke kota Bandung, semuanya menyatu sama-sama menikmati hidangan khas lebaran.

Akhirnya rombongan kami meluncur ke rumah kakak tertua di daerah Jalan Cisangkuy untuk merayakan lebaran sambil bermaaf-maafan atas segala kesalahan yang telah diperbuat satu sama lainnya. Di rumah itu telah hadir beberapa saudara yang memang tinggal di Bandung, suasana lebaran bercampur kantuk masih mewarnai pertemuan keluarga di siang itu, hidangan ringan berupa kue-kue dinikmati lebih dahulu sambil menunggu perut benar-benar lapar untuk menyantap hidangan yang lebih berat. Biasanya setelah berkumpul di rumah ini acara dilanjutkan ziarah ke makam orang tua di daerah Cipagaran Cimahi, setelah itu mengunjungi saudara ibu yang satu-satunya masih hidup di Cimahi. Namun hari ini obrolan dan canda yang mewarnai suasana lebaran di Jalan Cisangkuy berlanjut sampai malam, karena pada siang hari saudara-saudara sibuk ber selfie ria dengan tongsis kepunyaan keponakan yang mulai menekuni dunia fotografi. Suasana cukup meriah saat berlangsungnya adegan selfie ini, masing-masing dengan keluarganya berfoto narsis penuh canda, inilah sebuah moment yang akan dikenang di kemudian hari.

Setelah Shalat Maghrib semua keluarga meluncur ke Cimahi untuk mengunjungi saudara ibu yang saat ini sedang sakit sehabis terkena stroke, diusianya yang delapan puluh lebih dia tertidur tidak berdaya dan pasrah dengan kondisinya. Biasanya sewaktu masih sehat, di rumah ini akan tersaji macam-macam makanan yang siap disantap keluarga yang berkunjung, namun tahun ini berbeda tidak banyak makanan yang tersaji karena yang bersangkutan sudah dalam kondisi fisiknya tidak memungkinkan menyediakannya. Saat itu sudah malam dan acara untuk ziarah ke makam orang tua tidak dapat dilaksanakan hari itu, menurut rencana akan dilakukan esok hari saat kembali ke Jakarta. Malam itu acara lebaran yang wajib selesai dan masing-masing pulang kerumah dan rombongan dari Jakarta dan Bekasi kembali ke hotel untuk beristirahat.

Besoknya saya terbangun dari tidur jam 06.00 WIB, acara jalan pagi sambil memotret dari hotel tempat menginap di Jalan Merdeka Bandung menyusuri jalan Braga dan Jalan Asia Afrika menuju alun-alun Bandung agak terlambat, walaupun begitu saya masih dapat menikmati matahari pagi. Sepanjang jalan Braga dan Jalan Asia Afrika banyak objek yang menarik untuk difoto, bangunan-bangunan tua terutama Gedung Merdeka dan Hotel Savoy Homann yang tersohor itu masih menarik untuk diabadikan. Suasana jalanan yang sepi juga cukup menyenangkan untuk menikmati Bandung di pagi itu, terutama saat saya berada di Jalan Asia Afrika sampai ke Alun-Alun Bandung. Jam 09.00 WIB saya kembali ke hotel untuk menikmati sarapan pagi yang menunya masih khas lebaran, cukup lama saya dan keluarga ngobrol di ruang makan itu sampai petugas hotel memberi tahu bahwa waktu untuk sarapan pagi akan berakhir tepat jam 10.30 WIB.

Saya tidak punya waktu yang banyak untuk bersantai di hotel ini karena petugas hotel memberitahu bahwa kami harus check out tepat jam 12.00 WIB karena banyaknya tamu yang akan menginap di hotel ini, saat ini adalah waktu yang sibuk untuk sebuah hotel di Bandung karena banyaknya tamu yang berkunjung ke kota ini. Tepat jam 12.00 WIB saya check out dari hotel dan menuju ke Jalan Cisangkuy untuk makan siang kembali dengan saudara-saudara lain. Acara terakhir yang saya lakukan adalah ziarah ke makam orang tua ternyata bisa dilaksanakan di sore hari karena keasyikan ngobrol. Kami sampai dimakam sudah menjelang maghrib, makam itu jadi penyambung ingatan kami terhadap kedua orang tua yang sudah mendahului kami pada tahun 2008 dan 2009. Saya panjatkan doa untuk kedua orang tua yang telah membesarkan kami, semoga diberikan tempat yang sebaik-baiknya disisi Allah Swt.

Pada saat Maghrib datang saya dan rombongan meninggalkan makam itu dan langsung pulang ke Bekasi, perjalanan ternyata cukup lancar dan saya sempat berhenti di Rest Area Km 99 untuk melaksanakan Shalat Maghrib dan shalat Isa sambil beristirahat. Saya selamat sampai di Bekasi jam 20.30 WIB, dengan demikian selesai sudah acara Idul Fitri 1435H di Bandung.