KATA READONE

Home » Catatan Harian » Malam Lebaran 1435H

Malam Lebaran 1435H

Sore itu di pengunjung bulan Ramadhan, beberapa saat lagi tanpa terasa Ramadhan 1435H akan meninggalkan kita, selesai sudah kita melaksanakan ibadah puasa entah kita akan dipertemukan kembali tahun depan atau tidak dengan bulan Ramadhan, semua atas kuasa Allah Swt. Namun demikian kita berdoa kepada Allah Swt agar kita diberikan umur yang panjang dan di pertemukan kembali dengan bulan Ramadhan berikutnya.

Saat berbuka puasa terakhir bulan Ramadhan 1435 H saya dan Keluarga Besar di Bandung berkumpul di sebuah Rumah Makan Khas Sunda “Ma’ Uneh” di Jalan LL RE Martadinata No 157 Bandung, semua anggota Keluarga Besar boleh dibilang komplit hadir walaupun hanya dua keponakan beserta keluarganya tidak hadir. Rasa kemenangan itu pun hadir dalam hati saat Maghrib datang pertanda kita telah menyelesaikan puasa selama sebulan sementara bulan kemenangan yang fitri telah datang.

Masakan Khas Sunda yang telah terhidang pun mulai disantap sambil bersyukur kita telah melewati bulan yang penuh berkah dan ampunan. Ciloteh Sunda bercampur Minang pun pecah meramaikan buka puasa itu, semua bersukaria penuh canda dari anak cucu sampai cicit. Selesai hidangan disantap saya dan beberapa anggota keluarga menunaikan Shalat Maghrib di mushala yang tersedia dilantai atas Rumah Makan itu. Sementara suasana santai dan ceria di Rumah Makan itu tetap berlangsung banyak cerita dan canda, begitulah suasana diakhir Ramadhan di awal Syawal 1435H.

Para cucu dan cicit hadir dengan penuh kegembiraan dalam dunia kanak-kanaknya sendiri, tentunya kegembiraan di malam lebaran bagi mereka identik dengan baju dan sepatu baru yang sudah dibelikan untuk dipakai esok hari, alhamdulillah tidak ada yang main petasan malam itu. Beda dengan generasi kita yang sudah dewasa ini, memaknai lebaran tentunya lebih kepada rasa kemenangan kita setelah dapat menyelesaikan puasa selama lebih kurang satu bulan. Disamping itu kita introspeksi diri adakah Ramadhan tahun ini telah memberikan nilai tambah dalam rangka mendekatkan diri kita kepada Allah Swt.

Cuaca Bandung yang bersahabat hari itu mengundang saya keluar dari rumah makan itu sejenak, dari pinggir jalan sekitar Taman Pramuka saya saksikan lalu lintas tidak begitu ramai, mungkin sebagian warga Bandung sudah pada mudik dan juga sebagian lagi masih menikmati buka puasa terakhir dan aktivitas lainnya, sementara sayup-sayup terdengar suara takbir yang dikumandangkan dari masjid sekitar tempat itu. Sejak berangkat dari Bekasi jam 09.00 WIB tadi pagi lalu lintas memang sudah sepi dan saya sampai di Bandung hanya dalam waktu satu jam lima belas menit.

Acara buka puasa diakhir bulan Ramadhan 1435H itu berakhir sementara jam sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB, masing-masing kembali kerumah untuk bersiap-siap untuk berkumpul kembali esok hari. Rombongan dari Jakarta dan Bekasi kembali ke hotel yang tersedia untuk beristirahat, agar esok hari dapat bangun lebih pagi untuk menunaikan Shalat Ied.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H, mohon maaf lahir dan bathin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

July 2014
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Recent Posts

Instagram

Pengrajin keramik di Cappadocia, Turkey
#turkey #cappadocia #ceramic Eiffel #european #france #parís #topeuropephoto #eiffeltower #architecture #topparisphoto Acara Workshop & Pre Order X Series Fuji tanggal 1 November 2014 di Hotel Kontinental Jakarta. Big Bus Vienna
#europe #vienna #austria #streetphotography  #streetphoto Prambanan Temple, Yogyakarta
#candi #yogyakarta #temple #prambanan #jawatengah #idtravelers Alun-Alun Purwokerto
#purwokerto #banyumas #cityscape

Blog Stats

  • 13,017 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: