KATA READONE

Home » Traveling » Perjalanan Menuju Ankara- Bolu

Perjalanan Menuju Ankara- Bolu

Tepat jam 09.00 pagi bus yang membawa rombongan kami meninggalkan hotel untuk melanjutkan perjalanan ke kota Ankara dan Bolu, setelah terlebih dahulu mengunjungi Vanessa Seramic. Kota Ankara adalah Ibu kota Turki dan juga ibu kota Provinsi Ankara, merupakan kota kedua terbesar di Turki setelah Istanbul. Kota yang dihuni sekitar 6 juta penduduk ini mempunyai bandara yaitu Bandara Internasional Esenboga. Perjalanan menuju Ankara memakan waktu lebih kurang 4,5 jam dengan berhenti di beberapa tempat.

Cokelat Dari Aksaray

Cokelat Dari Aksaray

Memasuki kota Aksaray rombongan berhenti di sebuah Rest Area untuk beristirahat dan disamping itu anggota rombongan menggunakan kesempatan ini untuk belanja makanan. Menurut cerita pemandu wisata di Aksaray jangan lupa beli cokelat karena cokelatnya bagus dan enak. Setelah mencicipi beberapa macam cokelat ternyata yang enak, adalah cokelat yang ada kacang di dalamnya. Banyak anggota rombongan yang belanja cokelat sebagai oleh- oleh untuk dibawa pulang.

Tanpa terasa perjalanan kami sudah memasuki waktu makan siang, bus berhenti di sebuah restaurant Turki untuk makan siang, menu kali ini adalah roti, nasi, kebab, sop, salad dicampur dengan minyak zaitun, ditutup dengan buah. Saya merasakan kebab yang disajikan hari ini merupakan kebab yang sangat lezat dibandingkan dengan kebab yang telah saya nikmati beberapa hari ini di Turki. Kebab yang terdiri dari daging yang dipotong kecil-kecil yang bumbunya beraroma rasa bumbu kambing yang disajikan dalam kuali kecil. Entah karena perut saya yang memang lagi lapar namun yang pasti masakannya memang lezat sekali saya rasakan disiang itu.

Salt Lake (Tuz Golu)

Salt Lake (Tuz Golu)

Tempat yang kami kunjungi selanjutnya adalah danau garam yang dikenal dengan Salt Lake (Tuz Golu), tempat ini adalah penghasil garam terbesar di Turki. Sepanjang mata memandang yang kita lihat adalah hamparan garam yang berwarna putih dan keras seperti tanah saat diinjak karena kadar garamnya yang tinggi. Disisi kanan jalan menuju ke Salt Lake ini terdapat toko yang banyak menjual alat kosmetik yang bahan dasar nya dari garam yang bagus untuk perawatan kulit.

Ataturk Mausaoleum

Ataturk Mausaoleum

Setelah mengunjungi Salt Lake perjalanan dilanjutkan menuju kota Ankara, satu- satunya acara di kota ini adalah kunjungan ke Ataturk Mausaoleum. Aturan untuk masuk ke dalam museum ini, setiap pengunjung harus turun dari bus melewati metal detector. Pemandu Wisata kami berusaha mensiasati aturan ini dengan mengajak petugas berbicara, bahwa rombongan kami terdiri dari penumpang yang berusia lanjut, sehingga usaha pemandu wisata tersebut berhasil sehingga rombongan kami diperbolehkan langsung masuk.

Ataturk Mausaoleum

Ataturk Mausaoleum

Di dalam museum ini terdapat makam Mustafa Kemal Ataturk, Presiden Pertama Turki, yang membawa Turki menjadi negara modern dan sekuler. Di tempat ini juga itu terdapat anjing piaraan Mustafa Kemal Ataturk yang telah mati lalu diawetkan dan saat ini dipajang di museum ini. Museum yang luas, terawat dan bersih ini dijaga oleh tentara yang bertugas secara bergantian setiap dua jam. Saya sempat berfoto disamping tentara yang berjaga tadi yang terlihat tidak berkedip dan tidak terpengaruh oleh keberadaan saya.

Di dalam ruangan museum terdapat banyak sekali foto dan lukisan yang memperlihatkan kiprah Mustafa Kemal Ataturk dalam perjalanan sejarah Turki modern. Banyak barang-barang yang berhubungan dengan sejarah Turki modern dipamerkan, saking luasnya ruangan museum ini sehingga rombongan pun bercerai berai melihat bagian museum yang sesuai dengan minatnya. Setelah cukup lama kami melihat bagian dalam museum, akhirnya rombongan keluar menuju halaman utama museum, untuk menyaksikan seremonial pergantian petugas yang menjaga museum ini. Acara ini menarik perhatian para turis asing dan selalu dinanti-nantikan, rombongan kamipun berbaur dengan turis asing lainnya menyaksikan dan mengabadikan acara ini.

Koru Hotel, Bolu

Koru Hotel, Bolu

Berakhir sudah kunjungan di kota Ankara, perjalanan dilanjutkan ke kota Bolu yang akan ditempuh dalam waktu dua setengah jam dari Ankara. Bolu adalah sebuah kota kecil yang kami singgahi hanya untuk menginap, karena perjalanan ke Istanbul yang menjadi tujuan terakhir kami terlalu jauh jaraknya. Pemandu Wisata kami bercerita, di kota Bolu terdapat sebuah universitas yang mempunyai jurusan koki (chef ), koki-koki yang bagus di Turki kebanyakan lulusan universitas di Bolu.

Tepat jam delapan malam bus kami memasuki kota Bolu, rombongan langsung menuju ke Koru Hotel yang menjadi tempat menginap kami malam itu. Setelah check in rombongan langsung makan malam, saat itu sudah ada rombongan lain yang sudah lebih dahulu berada di ruangan makan. Setelah makan malam akhirnya saya langsung beristirahat sementara udara malam itu saya rasakan cukup sejuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

December 2013
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Instagram

Pengrajin keramik di Cappadocia, Turkey
#turkey #cappadocia #ceramic Eiffel #european #france #parís #topeuropephoto #eiffeltower #architecture #topparisphoto Acara Workshop & Pre Order X Series Fuji tanggal 1 November 2014 di Hotel Kontinental Jakarta. Big Bus Vienna
#europe #vienna #austria #streetphotography  #streetphoto Prambanan Temple, Yogyakarta
#candi #yogyakarta #temple #prambanan #jawatengah #idtravelers Alun-Alun Purwokerto
#purwokerto #banyumas #cityscape

Blog Stats

  • 13,017 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: