KATA READONE

Home » Inspiratif » Kakek Berhati Mulia

Kakek Berhati Mulia

Hari Minggu menjelang Hari Imlek saya mengantar istri ke salah satu pusat perbelanjaan di daerah Kota, kami berangkat sudah agak siang dan tiba di areal parkir sekitar jam 12.00 siang. Semua areal parkir sudah penuh sesak oleh mobil pengunjung, kebenaran pusat perbelanjaan ini sedang ramai dikunjungi oleh masyarakat yang bersiap menghadapi Hari Imlek pada tanggal 10 Februari 2013. Setelah beberapa kali memutar di areal parkir Lantai 4B tersebut, akhirnya dapat tempat parkir yang hanya tinggal untuk satu kendaraan saja. Karena ruangnya sangat sempit akhirnya saya dipandu oleh petugas parkir untuk menghindari gesekan dengan kendaraan lain yang sudah terlebih dahulu diparkir.

Setelah itu saya meninggalkan areal parkir dan menuju musholla yang terdekat untuk melaksanakan shalat zhuhur. Kemudian saya menjelajahi pusat perbelanjaan itu sebagaimana biasanya sambil melihat-lihat gadget yang baru dan mampir ke toko kamera langgananku sambil berbincang-bincang mengenai photography . Akhirnya saya meluncur ke Stasiun Kota mencoba bus Trans Jakarta jurusan Blok M sambil mencoba kartu indomaret untuk membayar tiketnya dan ternyata berhasil. Saya sempat ke Bendungan Hilir jalan-jalan sambil menikmati makanan kesukaan. Tanpa terasa jam sudah menunjukkan jamb16.00 sore, saya akhirnya kembali ke pusat perbelanjaan tadi dan langsung menuju tempat mobilku diparkir.

Pada saat membuka mobil tiba-tiba seorang kakek mendekatiku dan bilang, bahwa dia sudah sejak tadi menunggu mobil ini dan pengen ketemu dengan pemilik mobil ini, karena kaca jendela sebelah kiri bagian depan sejak tadi terbuka. Dia khawatir kalau meninggalkan mobil ini ada yang berniat jelek untuk menyatroni mobil ini. Saya kaget sekali dengan kejadian ini, bayangkan sejak jam 12.00 tadi siang sampai jam 16.00 sore mobilku dalam keadaan terbuka, sementara di dalamnya terdapat tas yang berisi barang-barang yang cukup berharga. Yang sangat berkesan bagiku adalah sikap kakek tadi yang ikhlas menunggui mobilku sejak jam 12.00 siang sampai jam 16..00 sore. Sikap seperti ini adalah langka sekali saya jumpai di zaman yang serba sarat dengan materialistis, koruptif dan manipulatif ini.

Menghadapi kejadian ini hatiku gelisah juga bagaimana caranya mengucapkan terima kasih kepada kakek ini, apakah cukup dengan berterima kasih begitu saja atau memberikan semacam uang sebagai tanda terima kasih atas pertolongannya. Akhirnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sang kakek sambil menyelipkan lembaran uang. Saya tersentak lagi karena sang kakek menolak uang yang aku berikan itu, dia menyatakan tidak dapat menerima uang itu karena apa yang dia lakukan itu hanyalah pertolongan biasa yang sudah selayaknya dilakukan sesama manusia, begitulah alasan sang kakek. Saya betul-betul terenyuh dengan sikap sang kakek, hal ini memberi pelajaran bahwa ternyata tidak semua orang dapat dinilai dengan materi walaupun itu merupakan tanda terima kasih atas pertolongan yang diberikannya. Begitu tulus hatinya memberikan pertolongan, tiada niat untuk mengharapkan materi setelah menolong seseorang.

Akhirnya saya berpamitan kepada sang kakek sambil mengucapkan terima kasih sekali lagi kemudian meninggalkan Kakek Yang Berhati Mulia itu. Dalam hati saya memanjatkan doa kepada Allah Swt, agar kepada sang kakek diberi balasan yang setimpal atas pertolongan yang telah diberikannya kepada saya.

Leave a Reply

Calendar

May 2013
M T W T F S S
    Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Recent Posts

Instagram

Prambanan Temple, Yogyakarta
#candi #yogyakarta #temple #prambanan #jawatengah Alun-Alun Purwokerto
#purwokerto #banyumas #cityscape Under The Umbrella
#streetphotography  #street #instagram Selamat Hari Raya  Idul Fitri 1438H, maaf lahir dan bathin. Temple of heaven, Beijing 16 Maret 2008
#beijing #china #traveling Istana Bogor, 20 Juli 2010
#istana #bogor #istanabogor

Blog Stats

  • 12,785 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5 other followers

